Tips Memilih Photografer

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia fotografi digital dan trend foto pre-wedding maupun candid dalam prosesi pernikahan maka menjamurlah fotografer-fotografer profesional baru yang mencoba peruntungannya di bidang bisnis wedding photography, sebagian besar dari mereka berangkat dari fotografer amatir yang menyukai seni lukis cahaya untuk kemudian melirik bisnis ini dan mencoba untuk membanting stir menjadi fotografer profesional. Namun sebagian memang ada yang berniat menjadi fotografer sebagai profesi, mengambil beberapa kursus bahkan sekolah fotografi menyediakan budget besar untuk peralatan dan menjadi fotografer profesional...




Memilih fotografer untuk mengabadikan momen pernikahan kita (yang tidak akan pernah terulang) adalah salah satu pilihan yang cukup sulit, beruntung bagi mereka yang memiliki budget besar, mereka tinggal memilih deretan fotografer yang sudah memiliki “nama” atau tergabung dalam photo studio yang merupakan jaminan mutu akan kualitas hasil. Sementara bagi mereka yang memang mendambakan “best value”, tersedia puluhan mungkin ratusan fotografer profesional yang menawarkan paket terjangkau dengan kualitas yang bagus.  
Namun memilih satu dari ratusan fotografer profesional yang tidak pernah kita kenal sebelumnya terasa seperti membeli kucing dalam karung, berdasarkan pengalaman dan sharing beberapa teman, walaupun kita bisa melihat portofolio mereka, namun tetap saja terkadang konsistensi dalam menciptakan foto yang berkualitas memiliki variansi yang cukup besar (no personal offense loh... but peace buat yang merasa... :) )
Nah berikut adalah beberapa tips dalam memilih fotografer wedding yang saya dapatkan dari ezinearticle.com dan sudah diterjemahkan dengan sedikit ubahan sesuai dengan kultur dan kebiasaan yang ada di Indonesia, agar terbaca lebih nge-Indonesia :)
1. Availability
Jika anda termasuk orang yang “beruntung”,  anda akan mampu untuk menyewa fotografer terbaik yang ada di Jakarta untuk mendokumentasikan pernikahan anda yang berlangsung di Padang, namun kebanyakan orang lebih memilih untuk menyewa fotografer lokal, seseorang dengan biaya transportasi yang wajar. Dan juga dikarenakan banyaknya fotografer yang akan sibuk di hari sabtu / minggu, pastikan calon fotografer anda available di hari pernikahan anda
2. Kemampuan (Skill)
Fotografi dalam sebuah pernikahan lebih dari sekedar membidik dan men-klik. Ia juga melibatkan peralatan yang baik dan keahlian / kemampuan seorang ahli. Segalanya adalah digital saat ini. Peralatan apa yang akan mereka gunakan? kamera, lensa, flash? Lalu bagaimana dengan reputasi perusahaan / studio mereka? Bagaimana tanggapan orang lain tentang skill mereka dalam mengambil foto pernikahan? Apakah contoh (portofolio) dari hasil kerja mereka sebelumnya tersedia?
3. Personality
Apa yang akan terjadi jika anda bekerja dengan mereka? Apakah mereka tipe orang yang suka menekan (Pushy), selalu mencoba untuk membuat anda memilih paket mereka yang termahal? Atau mereka menawarkan beberapa pilihan  dan memberikan kesempatan anda untuk memilih? Apakah mereka cenderung untuk mengambil alih atau menyesuaikan diri? Bagaimana cara mereka bekerja dalam menghadapi anak-anak kecil di pesta pernikahan anda?
4. Harga
Tentunya, Biaya untuk menyelanggarakan pesta pernikahan di Indonesia cukup variatif dari puluhan hingga ratusan juta rupiah, beberapa dari mereka mau saja untuk mengalokasikan uang yang cukup banyak untuk dokumentasi. Apakah harga yang ditawarkan oleh calon fotografer cukup wajar jika dibandingkan dengan fotografer lainnya di area tertentu? Apakah harga paket yang kita inginkan masih sesuai dengan budget pernikahan? Ingatlah, dengan harga yang termurah kemungkinan kecil anda mendapatkan hasil yang terbaik, jadi lihatlah keseimbangan yang baik antara biaya dan hasil.
5. Pelayanan
Seberapa cepat mereka mampu memperlihatkan hasil gambar? Beberapa fotografer bahkan mampu untuk memperlihatkan hasil foto pernikahan kita disela-sela resepsi kita dan itu adalah sebuah sentuhan yang baik. Seberapa cepat cetakan dapat dibuat? Bagaimana mereka akan menampilkannya di web atau CD? Dan seberapa cepat?
6. Pilihan
Fotografer yang baik akan memiliki rentang variasi pilihan yang lebar untuk dipilih. Apakah anda menginginkan foto diambil pada saat gladi resik? Apakah foto utama akan diambil sebelum atau sesudah acara pernikahan? Apakah mereka memiliki saran yang kreatif untuk membuatnya menjadi spesial? Apakah foto dapat dicetak oleh orang lain dalam keluarga?
7. Integritas
Janji adalah hal kecil namun penyampaian sebuah produk adalah sebaliknya. Apakah fotografer memiliki reputasi yang baik dalam hal ketepatan waktu atau bahkan lebih cepat datang untuk pernikahan anda? Apakah mereka menepati janji yang pernah ditawarkan? Apakah mereka tetap tinggal selama yang dibutuhkan untuk mengambil setiap momen yang ingin kita ingat?

Sebuah pernikahan adalah sebuah acara yang terlalu penting untuk dilewatkan hanya dengan seorang fotografer amatir untuk mendokumentasikannya. Karena kita telah merencanakan hari yang besar dalam hidup kita, pertimbangkan prinsip ini sehingga tidak ada satu pun momen berharga yang dilupakan.