KerudungPengantin

Kerudung PengantinApa yang akan paling diingat dari semua aksesori yang dikenakan seorang pengantin wanita? Bukan sepatu, bukan perhiasan, bahkan sama sekali bukan gaun yang menyolok….jawabannya adalah kerudung atau cadar. Kerudung atau cadar telah ada sejak zaman dahulu kala, pertama kali digunakan dengan maksud agar para pengantin wanita yang memakainya akan terlindung dari pengaruh roh jahat. Sejak saat itu, cadar telah digunakan untuk melambangkan kemurnian dan kepolosan, untuk menutupi identitas sang pengantin di depan calon suaminya, dan akhirnya memastikan tempatnya sebagai salah satu aksesori utama pengantin wanita dalam dunia aksesori tata rias pengantin modern.KerudungPengantin
Mencari kerudung yang akan digunakan biasanya dilakukan setelah model dan motif gaun pengantin yang akan digunakan telah pasti dan sedang diproduksi. Meskipun ada banyak pilihan untuk model kerudung pengantin, namun jenis kerudung yang anda pilih pada akhirnya akan sangat tergantung pada gaya dan model gaun pengantin yang anda pilih. Berikut adalah tips utama dalam memakai kerudung:

  • Lihatlah gaun Anda, apakah memiliki banyak detil? Bila ya, pilihlah kerudung  yang tidak banyak motif.
  • Bila Anda ingin menonjolkan detil pada gaun, pilih kerudung yang tidak menutupi detil tersebut.

Mengenakan Veil atau dalam bahasa Indonesia adalah tudung atau kerudung, dapat dikatakan gampang-gampang sulit. Bentuknya yang beragam, membuat para calon pengantin wanita terkadang bingung untuk mencocokan. Perlu pemahaman yang tepat tentang model dan gaya kerudung agar gaun pengantin wanita tidak terlihat salah kostum dengan kerudung yang dikenakan.  Asumsi yang umum bahwa kerudung berupa selembar kain tulle yang pendek atau panjang dengan motif spesifik sesuai model kerudung masing-masing.
Berdasarkan panjangnya, kerudung pengantin dapat dibedakan:
Blusher Veil – Model kerudung pendek yang panjanganya jatuh tepat di bawah pundak bahu tetapi tetap berada di atas payudara. Model kerudung ini pada awalnya diciptakan untuk menunjukkan rasa kesopanan dan cerminan rasa tidak bersalah dari seorang pengantin wanita. Merupakan salah satu model kerudung yang sangat populer digunakan oleh para pengantin wanita karena model kerudung ini menutupi seluruh wajah. Model kerudung ini akan menambahkan sebuah dimensi ekstra, sebuah makna tambahan untuk sebuah upacara pernikahan.
Fly-away veil – Model kerudung ini merupakan cadar yang terdiri dari banyak lapisan. Model kerudung ini dianggap kurang formal dan haruslah dipasangkan dengan gaun dengan nuansa yang kurang formal juga, namun gaun dengan banyak detail sepanjang punggung sangat cocok dengan model kerudung ini. Sangat tepat memilih kerudung jenis ini bila ingin menonjolkan detil yang ada pada gaun bagian belakang. Bersifat semi formal dansangat cocok dipadupadan dengan short wedding dress. Lupakan memilih model kerudung ini apabila gaun anda tidak berpotongan simpel.
Birdcage Veil – Model kerudung pendek yang membatasi hanya sampai dagu dan membingkai wajah dengan begitu sempurna, tapi ada juga yang panjangnya hanya segaris hidung bahkan mata. Model kerudung ini terbuat dari jalinan cadar dengan jejaring yang terbuka lebar yang disebut Rusia Veiling. Paling tepat dikenakan bila melangsungkan pernikahan di ruangan terbuka seperti garden maupun beach wedding. Dan karena veil ini terlihat sangat simpel, pemaduan dengan gaun A-Line sudah sangat tepat. Model ini sangat tepat untuk pengantin wanita yang lebih berumur, menciptakan kesan elegan selain kesan sederhana tapi tetap berkelas. Vintage headpieces ini terinspirasi dari  kombinasi efek bersih lembut dan kerudung yang menutupi bagian wajah, dan dihiasi dengan bunga-bunga, bulu dan perhiasan. Model kerudung ini benar-benar dramatis dan glamor dan dapat menimbulkan kesan yang berani dan sensual pada hari pernikahan anda.

Birdcage Veil
Birdcage Veil
Elbow Length Veil – Sama seperti namanya, model kerudung ini meluas sampai ke siku. Bisa saja terdiri dari hanya sebuah lapisan tunggal atau 2-3 lapisan yang  dipotong sama panjang. Gayanya yang simple, tetap memperlihatkan kemanisannya untuk dikenakan di semua jenis gaun dan konsep pernikahan, formal maupun semi formal. Pengaplikasian pada strapless gown memberikan kesan sangat modern. Bila ingin beralih ke konsep retro, paduan gaun mini boleh Anda jadikan alternatif lain. Jangan sekali-kali mengawinkannya dengan gaun super ketat, begitu juga dengan gaun berekor. Terlihat begitu kontras, seperti memadukan warna merah tua dengan ijo muda.
Fingertip Veil – Salah satu model kerudung yang paling populer. Model kerudung ini meluas sampai ke ujung-ujung jari pengantin wanita. Model kerudung ini sangat bagus dan dapat dikombinasikan sempurna dengan bermacan-macam model gaun pengantin. Panjangnya yang cukup nyaman membuat model kerudung ini dapat dipakai di seluruh sesi upacara dan resepsi.
Ballet Length Veil – Model kerudung ini menjuntai panjang hingga sampai ke ujung-ujung mata kaki pengantin wanita tetapi tidak sampai menyentuh tanah. Model kerudung ini menutupi hampir seluruh tubuh pengantin wanita membentuk kesan sebuah jubah. Model kerudung ini juga sangat tepat dipadukan dengan gaun pengantin tanpa ekor.
Ballet Length Veil
Ballet Length Veil

Chapel Length Veil – Model kerudung ini dikombinasikan dengan model gaun pengantin yang memiliki ekor panjang. Memanjang menutupi hampir ke seluruh ekor gaun membuat pengantin wanita yang menggunakannya lebih sulit untuk bergerak dengan bebas, sehingga model kerudung ini lebih sering digunakan hanya untuk sesi resepsi dan sesi pengambilan foto wedding dan prewedding.
Semi-Cathedral Veil/Cathedral Veil – Model kerudung ini memiliki panjang yang mirip dengan model kerudung Chapel Length Veil, bedanya model kerudung ini terdiri dari 2 untaian panjang kerudung yang menutupi sampai ke bagian ekor gaun pengantin wanita. Dikenakan hanya untuk pengambilan poses berdiri dan duduk untuk fotografi pernikahan, atau aktifitas yang tidak membuat pengantin wanita harus bergerak karena model kerudung ini akan menyebabakan kesulitan untuk bergerak bebas dan sanagt tidak dianjurkan untuk dipakai selama sesi resepsi.
Kerudung telah menambahkan sebuah cerita, misteri, dan romansa untuk setiap pengantin wanita. Kerudung menciptakan aura tersendiri di sekitar pengantin wanita yang membuatnya eksotis dan sensual dalam aroma misterius pada hari pernikahan.  Kerudung Pengantin